Kurikulum Nasional atau Kurnas Dalam sasaran dan tujuannya mencakup beberapa hal berawal adari KTSP 2006, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Hasil Perbaikan yang konon dikatakan juga sebagai Kurikulum Nasional,
SASARAN PENERAPAN KURIKULUM NASIONAL
1. Pengembangan Kurikulum Nasional sebagai standar minimal di semua sekolah di Indonesia yang terintegrasidi dalam 1 kurikulum setiap sekolah
2, Pengembangan ragam kurikulum sekolahberbasis kekuatan lokal
3. Peningkatan kapasitas sekolah (termasuk guru) dalam menerapkan kurnas,dan dalam tahap selanjutnya mampu secara mandiri mengembangkan kurikulum sekolah sesuai konteks kebutuhannya
4. Materi & alat ajar pendukung kurikulum yang bermutu dan beragam
AZAS PENGEMBANGAN & IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL
1. Kurikulum nasional yang menjadi acuan minimal yang mendorong percepatan mutu sekolah, sekaligus mendukung pengembangan kurikulum sekolah dengan mendorong ragam model kurikulum sekolah.
2. Proses pengembangan dan implementasi kurikulum mencakup berbagai aspek pengembangan dokumen, kesiapan sekolah dan guru. Pengembangan dan implementasi ini juga memiliki indikator proses dan mekanisme monitoring dan evaluasi yang dikoordinasikan dan dikomunikasikan secara rutin didalam Kemendikbud
3. Pengembangan dan implementasi kurikulum akan terus dilakukan
lewat penyebarluasan praktik baik dan inovasi di sekolah-sekolah rintisan dan rujukan. Praktik baik ini kemudian diimplementasikan dalam skala luas sesuai peta rencana implementasi.
4. Proses pengembangan kurikulum serta implementasinya dikerjakan dengan pelibatan publik di seluruh tahapan.
5. Proses pengembangan dan implementasi kurikulum dilakukan dengan tata kelola
birokrasi yang efektif, termasuk peningkatan kapasitas dan koordinasi dengan pemerintah daerah dan lintas sektor.
SASARAN PENERAPAN KURIKULUM NASIONAL
1. Pengembangan Kurikulum Nasional sebagai standar minimal di semua sekolah di Indonesia yang terintegrasidi dalam 1 kurikulum setiap sekolah
2, Pengembangan ragam kurikulum sekolahberbasis kekuatan lokal
3. Peningkatan kapasitas sekolah (termasuk guru) dalam menerapkan kurnas,dan dalam tahap selanjutnya mampu secara mandiri mengembangkan kurikulum sekolah sesuai konteks kebutuhannya
4. Materi & alat ajar pendukung kurikulum yang bermutu dan beragam
AZAS PENGEMBANGAN & IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL
1. Kurikulum nasional yang menjadi acuan minimal yang mendorong percepatan mutu sekolah, sekaligus mendukung pengembangan kurikulum sekolah dengan mendorong ragam model kurikulum sekolah.
2. Proses pengembangan dan implementasi kurikulum mencakup berbagai aspek pengembangan dokumen, kesiapan sekolah dan guru. Pengembangan dan implementasi ini juga memiliki indikator proses dan mekanisme monitoring dan evaluasi yang dikoordinasikan dan dikomunikasikan secara rutin didalam Kemendikbud
3. Pengembangan dan implementasi kurikulum akan terus dilakukan
lewat penyebarluasan praktik baik dan inovasi di sekolah-sekolah rintisan dan rujukan. Praktik baik ini kemudian diimplementasikan dalam skala luas sesuai peta rencana implementasi.
4. Proses pengembangan kurikulum serta implementasinya dikerjakan dengan pelibatan publik di seluruh tahapan.
5. Proses pengembangan dan implementasi kurikulum dilakukan dengan tata kelola
birokrasi yang efektif, termasuk peningkatan kapasitas dan koordinasi dengan pemerintah daerah dan lintas sektor.
Posting Komentar