Buku BSE Kurikulum 2013 untuk siswa dan guru Sekolah Dasar, kurikulum berbasis kompetensi yang dijalankan secara nasional. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan tersebut. Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum ini harusnya dirancang
dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.
Pertanyaannya adalah seperti apa bentuk ideal Buku Siswa Kelas III SD/MI yang pada hakikatnya baru setahun belajar membaca dan menulis? Rentang jawaban atas pertanyaan ini dapat sangat ekstrim. Dalam hal isi ada yang menginginkan tanpa buku, tetapi juga ada yang menginginkan satu
buku terpisah untuk setiap mata pelajaran. Dalam hal penyajian ada yang menginginkan berbasis kegiatan yang harus dilakukan siswa, tetapi ada juga yang menginginkan berbasis materi yang harus dikuasai siswa. Perdebatan semacam ini tidak akan pernah selesai.
Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas III SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah di antara keinginan-keinginan tersebut. Bukannya tanpa buku, melainkan ada buku yang memuat materi minimal berisi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa Kelas III SD/MI untuk mencapai
kompetensi yang diharapkan. Pendekatan pembelajaran tematik terpadu dipilih dengan beberapa alasan. Pertama, siswa Kelas III SD/MI, yang sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti proses pembelajaran transdisipliner di mana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungannyanya. Kedua, melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner-interdisipliner diwujudkan agar tumpang materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.
Buku Guru Kurikulum 2013 Baru Revisi untuk Kelas 3 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Tema 1: Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 2: Perkembangan Teknologi
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 3: Perubahan di Alam
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 4: Peduli Lingkungan Sosial
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 5: Permainan Tradisional
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 6: Indahnya Persahabatan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 7: Energi dan Perubahannya
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 8: Bumi dan Alam Semesta
Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015
Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 2: Perkembangan Teknologi
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 3: Perubahan di Alam
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 4: Peduli Lingkungan Sosial
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 5: Permaianan Tradisional
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 6: Indahnya Persahabatan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 7: Energi dan Perubahannya
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 8: Bumi dan Alam Semesta
Pendidikan Agama
Buku Guru Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Pendidikan Agama Islam (PAI)
dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.
Pertanyaannya adalah seperti apa bentuk ideal Buku Siswa Kelas III SD/MI yang pada hakikatnya baru setahun belajar membaca dan menulis? Rentang jawaban atas pertanyaan ini dapat sangat ekstrim. Dalam hal isi ada yang menginginkan tanpa buku, tetapi juga ada yang menginginkan satu
buku terpisah untuk setiap mata pelajaran. Dalam hal penyajian ada yang menginginkan berbasis kegiatan yang harus dilakukan siswa, tetapi ada juga yang menginginkan berbasis materi yang harus dikuasai siswa. Perdebatan semacam ini tidak akan pernah selesai.
Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas III SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah di antara keinginan-keinginan tersebut. Bukannya tanpa buku, melainkan ada buku yang memuat materi minimal berisi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa Kelas III SD/MI untuk mencapai
kompetensi yang diharapkan. Pendekatan pembelajaran tematik terpadu dipilih dengan beberapa alasan. Pertama, siswa Kelas III SD/MI, yang sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti proses pembelajaran transdisipliner di mana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungannyanya. Kedua, melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner-interdisipliner diwujudkan agar tumpang materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.
Buku Guru Kurikulum 2013 Baru Revisi untuk Kelas 3 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Tema 1: Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 2: Perkembangan Teknologi
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 3: Perubahan di Alam
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 4: Peduli Lingkungan Sosial
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 5: Permainan Tradisional
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 6: Indahnya Persahabatan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 7: Energi dan Perubahannya
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 8: Bumi dan Alam Semesta
Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015
Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 2: Perkembangan Teknologi
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 3: Perubahan di Alam
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 4: Peduli Lingkungan Sosial
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 5: Permaianan Tradisional
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 6: Indahnya Persahabatan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 7: Energi dan Perubahannya
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 8: Bumi dan Alam Semesta
Pendidikan Agama
Buku Guru Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Posting Komentar